Posted by : Yaqut tina Selasa, 30 April 2013



Menggambar Primitive Objek Titik(GL_POINTS)

Dalam Grafika Komputer terdapat berbagai jenis primitive objek yang sering kita gunakan. Jenis – jenis primitive objek tersebut antara lain :
a. Titik(GL_POINTS)             : untuk membuat titik pada Glut
b. Garis(GL_LINES)              : Untuk membuat garis pada Glut
c. Poliline(GL_LINE_STRIP): sekumpulan garis yang terhubung satu dengan yang lainnya
d. Poligon (no fill) (GL_LINE_LOOP)  : untuk membuat bangun 2D

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara untuk membuat Titik pada pada Glut.Script dasar yang harus digunakan untuk membuat GL_POINT dan juga harus ada dalam primitive objek yang lain adalah

  • glutInitWindowPosition: digunakan untuk membuat posisi di window Misalnya : glutInitWindowPosition(100,100)
  • glutInitWindowSize: digunakan untuk membuat ukuran dari window.Misalnya : glutInitWindowSize(320,240);   
  • gluOrtho2D(Left,Right,Bottom,Top): digunakan untuk menentukan koordinat yang digunakan pada pada kanvas. misalnya :gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240.)          

Disamping script di atas kita juga harus mengenal glVertex yang di gunakan untuk menggambar titik pada koordinat x dan y.di bawah ini fungsi masing – masing gl vertex :
  1.  glVertex2i(x,y) -> Menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa integer. Contoh glVertex2i(10,10);
  2. glVertex2f(x,y)-> Menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa,float. Contoh glVertex2f(10.0,10.0); 
  3. Vertex2d(x,y)-> Menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa double. Contoh glVertex2d(10.0,10.0);

Kemudian membuat fungsi drawdot yang digunakan untuk menampung script gambar yang akan kita buat yang di gunakan untuk fungsi callback..Misalnya script nya seperti ini :
void drawDot(void){
       glPointSize(5);
       glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
       glBegin(GL_POINTS);
             
       glVertex2i(10,30);
       glVertex2i(10,-30);
       glVertex2i(10,-90);
      
       glEnd();
       glFlush();
}


Berikut adalah contoh sederhana pembuatan titik pada glut :
#include <stdlib.h>
#include <glut.h>

void drawDot(void){
       glPointSize(5);
       glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
       glBegin(GL_POINTS);
             
       glVertex2i(10,30);
       glVertex2i(10,-30);
       glVertex2i(10,-90);
      
       glEnd();
       glFlush();
}
void main (int argc, char **argv) {
       glutInit(&argc, argv);
      
       glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);
       glutInitWindowPosition(100,100);
       glutInitWindowSize(320,240);

       glutCreateWindow("Pemrograman Grafis GLUT");
       gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240.);
       glutDisplayFunc(drawDot);
       glutMainLoop();
}


Output :






Daftar Pustaka :
Modul Praktikum 2 Gafika Komputer Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang











Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Follow Me

Chatting

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Informatic Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -