- Back to Home »
- Mengenal Primitive Object
Posted by : Yaqut tina
Selasa, 30 April 2013
Menggambar Primitive Objek
Titik(GL_POINTS)
Dalam
Grafika Komputer terdapat berbagai jenis primitive objek yang sering kita
gunakan. Jenis – jenis primitive objek tersebut antara lain :
a. Titik(GL_POINTS) :
untuk membuat titik pada Glut
b. Garis(GL_LINES) :
Untuk membuat garis pada Glut
c. Poliline(GL_LINE_STRIP): sekumpulan garis yang terhubung satu dengan
yang lainnya
d. Poligon (no fill) (GL_LINE_LOOP) : untuk membuat bangun 2D
Dalam artikel ini
kami akan membahas tentang bagaimana cara untuk membuat Titik pada pada Glut.Script
dasar yang harus digunakan untuk membuat GL_POINT dan juga harus ada dalam
primitive objek yang lain adalah
- glutInitWindowPosition: digunakan untuk membuat posisi di window Misalnya : glutInitWindowPosition(100,100)
- glutInitWindowSize: digunakan untuk membuat ukuran dari window.Misalnya : glutInitWindowSize(320,240);
- gluOrtho2D(Left,Right,Bottom,Top): digunakan untuk menentukan koordinat yang digunakan pada pada kanvas. misalnya :gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240.)
Disamping script di atas kita juga harus mengenal glVertex yang di gunakan untuk menggambar titik pada koordinat x dan y.di bawah ini fungsi masing – masing gl vertex :
- glVertex2i(x,y) -> Menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa integer. Contoh glVertex2i(10,10);
- glVertex2f(x,y)-> Menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa,float. Contoh glVertex2f(10.0,10.0);
- Vertex2d(x,y)-> Menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa double. Contoh glVertex2d(10.0,10.0);
Kemudian
membuat fungsi drawdot yang digunakan untuk menampung script gambar yang akan
kita buat yang di gunakan untuk fungsi callback..Misalnya script nya seperti
ini :
void drawDot(void){
glPointSize(5);
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_POINTS);
glVertex2i(10,30);
glVertex2i(10,-30);
glVertex2i(10,-90);
glEnd();
glFlush();
}
Berikut
adalah contoh sederhana pembuatan titik pada glut :
#include <stdlib.h>
#include <glut.h>
void drawDot(void){
glPointSize(5);
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_POINTS);
glVertex2i(10,30);
glVertex2i(10,-30);
glVertex2i(10,-90);
glEnd();
glFlush();
}
void main (int argc, char **argv) {
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(320,240);
glutCreateWindow("Pemrograman
Grafis GLUT");
gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240.);
glutDisplayFunc(drawDot);
glutMainLoop();
}
Output
:
Daftar Pustaka :
Modul Praktikum 2 Gafika Komputer Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang